NAMA : NUR FAKIH IBROHIM
KELAS : 4EA16
NPM : 15210125
TEFL
TEFL adalah kependekan dari Teaching English as a Foreign
Language. TESOL adalah kependekan dari Teaching English Speaking of Other
Language. Artinya Pendidikan Mengajar Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing.TEFL
dan TESOL adalah Pendidikan Mengajar Bahasa Inggris yang diselenggarakan di negara-negara
lain di dunia.
Tingkat Pendidikan TEFL / TESOL : Certificate, Diploma, Master
Degree. Dalam mengajarkan bahasa Inggris sebagai bahasa asing, kita perlu
mengetahui apa saja yang dibutuhkan siswa kita dalam memahami bahasa Inggris
itu sendiri. Seperti yang kita tahu bahwa bahasa Inggris bukanlah bahasa asli
masyarakat Indonesia, sehingga dalam proses belajarnya pasti mengalami berbagai
kesulitan. Secara garis besar, hal-hal yang harus dipelajari meliputi
pengucapan (pronunciation), tata bahasa (grammar), kosa kata (vocabulary),
percakapan/diskusi (discourse), keterampilan/ kepandaian (skills), dan silabus
(the syllabus).
1. Pengucapan
(Pronunciation)
Hal
utama yang harus kita miliki sebagai seorang guru adalah memiliki keyakinan
kepada siswa kita bahwa mereka mampu untuk mengucapkan kata-kata dalam bahasa
Inggris. Selain itu, mereka juga perlu tahu kata apa yang mereka katakana dan
apa makna dari kata tersebut. Hal yang perlu ditekankan dalam pengucapan adalah
pelafalan bunyi yang berbeda untuk setiap kata yang berbeda. Inilah tugas utama
kita untuk membantu mereka bagaimana cara melafalkan bunyi kata yang benar.
Penekanan
dan ritme merupakan hal lainyang juga penting dalam pengucapan. Harapannya,
ketika siswa berbicara, mereka tahu di mana penekanan pada kata seharusnya
diberikan. Namun, hal ini tidaklah selamanya mutlak menjadi tolok ukur, kerena
hal yang paling utama adalah siswa mengetahui dan memahami apa yang mereka
katakan. Banyak orang yang bergaya bicara seperti orang asli, tetapi mereka
tidak paham apa yang mereka katakan.
Cara lain untuk belajar memahami ucapan
adalah dengan mendengarkan. Seperti yang kita tahu bahwa semua orang di dunia
ini mampu mengucapkan kata atau bebrbahasa berawal dari mendengar. Mendengarkan
bahasa, dalam hal ini pengucapannya, akan memudahkan kita untuk meniru cara
pengucapan bahasa tersebut sehingga kita lebih mudah berkomunikasi dengan orang
lain ketika kita mampu memahami makna dan juga pengucapannya.
2. Tata Bahasa
(Grammar)
Dalam tata bahasa bahasa inggris memiliki
perbedaan yang besar dengan bahasa lainnya. Verb
atau kata kerja dalam bahasa Inggris harus mengikuti subject dalam kalimat itu sendiri. Hal ini memang cukup sulit untuk
dipahami. Selain itu, pemakai bahasa juga harus tahu tentang modal auxiliary yang bisa saja berfungsi
ganda. Mungkin terkesan membingungkan, tetapi itulah bahasa. Namun demikian,
tata bahasa di sini akan diajarkan sesuai dengan level/ tingkatan siswa dalam
memahami bahasa itu sendiri. Contohnya, siswa baru diajarkan tentang tata
bahasa (misal, tenses) ketika mereka
sudah berada pada tingkat menengah.
Pentingnya kesadaran berbahasa merupakan
aspek terpenting dalam belajar bahasa. Jika siswa tidak mau menggunakan bahasa
yang mereka pelajari, maka ini tidak akan berarti apa-apa bagi mereka dan juga
bagi guru yang mengajar. Mungkin kebanyakan siswa merasa canggung untuk
berbicara dalam bahasa Inggris karena grammar mereka tidak baik. Hal inilah
yang seharusnya menjadi tugas dari semua pengajar bahasa Inggris bagaimana cara
belajar memahami tenses dengan mudah.
3. Kosa kata
(Vocabulary)
Semua siswa bahasa perlu dan harus
mempelajari kosa kata. Mereka harus mempelajari apa arti dari sebuah kata dan
bagaimana kata-kata itu digunakan serta apa makna dari kata tersebut.
Pengajaran tentang kosa kata tidak berdasarkan level, pada level mana saja
pengajaran ini bisa diterapkan sehingga siswa mampu memahami apa yang harus
mereka katakana dengan menggunakan kata yang sudah mereka kuasai.
Memahami kosa kata dalam konteksnya, tentu
akan lebih bermanfaat bagi siswa. Karena mereka akan mengetahui sendiri kapan
dan dalam situasi apa kata tersebut harus digunakan. Hal ini akan menjadi
sebuah kebiasaan sehingga saat siswa berbicara mereka tidak akan bingung dengan
kata yang akan mereka ucapkan.
4. Percakapan
(Discourse)
Dalam percakapan, siswa juga harus mengerti perbedaan pemakaian
bahasa dalam situasi resmi atau tidak resmi. Karena sudah pasti berbeda.
Sebagai contoh, kapan siswa akan mengatakan ‘sorry’ dan kapan mereka aka
mengatakan ‘I really must apologize’. Inilah pentingnya kita memahami fungsi
bahasa agar tidak terjadi miscommunication di antara pembicara dengan
pendengar. Fungsi bahasa di sini dapat kita lihat pada contoh “Maukah kau pergi
ke bioskop?” merupakan kalimat yang berfungsi sebagai undangan, dengan “Bisakah
kau membuka jendela?” merupakan kalimat yang menunjukkan fungsi permintaan/
permohonan.
Dalam percakapan, kita perlu mengajarkan
kepada siswa kita tentang bagaimana menyusun kata-kata menjadi kalimat dalam
sebuah tulisan sehingga bisa lebih dipahami oleh mereka atau orang lain.
5. Keterampilan
(Skills)
Pemakai bahasa yang sudah ahli memiliki
keterampilan yang lebih dalam penyusunan bahasa. Hal ini merupakan tanggung
jawab kita sebagai seorang pengajar yang harus mampu mengubah keterampilan
bahasa asal pada siswa ke dalam bahasa yang akan diajarkan, yaitu bahasa
Inggris. Karena bahasa Inggris merupakan bahasa asing, maka kita perlu
mengajarkan kepada siswa dengan bahasa yang mereka sudah dipahami, yaitu
menggunakan bahasa asli atau bahasa ibu.
6. Silabus (Syllabus)
Dalam mengajarkan pelajaran kepada siswa,
kita harus mengetahui hal apa yang akan dicapai dalam pembelajaran tersebut dan
materi apa saja yang akan kita berikan. Dalam hal ini kita perlu menyusunnya
dalam sebuah silabus. Silabus berfungsi untuk memudahkan kita dalam mencapai
target apa yang akan kita laksanakan kepada siswa kita. Beberapa silabus berisi
tentang susunan-susunan bahasa yang ringkas, yang mendetil, atau bahkan hanya
menjelaskan tentang fungsi-fungsinya. Dalam menyusun sebuah silabus juga
diperlukan struktur dan fungsi yang jelas. Struktur yang dimaksud di sini yaitu
tentang penggunaan tata bahasa seperti verb
to be, there is/there are, present continuous, present simple. Siswa perlu
mempelajari tentang fungsi bahasa, tetapi mereka juga harus belajar tata
bahasa. Dalam lingkup tata bahasa terdapat fungsi bahasa dan itu semua terdapat
dalam silabus.
Apa Yang Dimaksud
Dengan Kursus TEFL ?
Sebelum Anda
dapat memulai karir Anda sebagai guru bahasa Inggris di luar negeri, Anda harus
menjadi seorang guru bahasa Inggris di luar negeri. Mengambil TEFL Birmingham
kursus akhir pekan mungkin sedikit frustasi karena Anda harus belajar banyak
informasi dalam waktu singkat, tetapi dapat bermanfaat dan bahkan mungkin
menyenangkan. Anda mungkin lulusan perguruan tinggi dan tidak dalam suasana
hati untuk mendaftar di program studi lainnya, tetapi beberapa program akhir
pekan TEFL adalah tentang membuat belajar menyenangkan daripada tugas suram dan
membosankan. Jika siswa Anda bosan dan tidak bersenang-senang, maka mengajar
mereka adalah bahwa jauh lebih sulit.
Mengambil kursus TEFL akhir pekan dapat berfungsi sebagai kursus penyegaran
bagi Anda. Anda akan memiliki kesempatan untuk memoles keterampilan tata bahasa
dan akan mempelajari kembali konsep-konsep yang mungkin sudah lupa. Sebuah TEFL
Birmingham kursus akhir pekan juga merupakan cara yang bagus untuk membuat
teman baru dengan sesama teman sekelas Anda. Anda akan dapat berbagi rasa takut
dan kekhawatiran tentang bepergian ke luar negeri dan mungkin memiliki
kesempatan dengan berbicara dengan guru-guru yang telah bepergian secara luas.
Tutor TEFL akan membantu Anda mendapatkan bersemangat tentang mengajar bahasa
Inggris di luar negeri. Anda dapat meminjam dari antusiasme mereka dan
menggunakannya dalam karir mengajar masa depan Anda. Mereka akan
menginstruksikan Anda tentang cara untuk mengajar Bahasa Inggris menggunakan
permainan menyenangkan dan akan melakukan yang terbaik untuk menjaga suasana
hati di ruang sebagai optimis dan positif mungkin. Alasan bahwa ini sangat
penting karena akhir pekan kursus TEFL dapat berlangsung dari pukul sembilan
pagi sampai pukul delapan malam, bahkan mungkin nanti.
Jika Anda malah memilih untuk mengambil kursus yang tidak ditawarkan pada akhir
pekan, Anda mungkin menghabiskan sampai enam jam di kelas belajar melalui
kombinasi workshop, tutorial dan persiapan pelajaran. Birmingham Anda kursus
TEFL dapat memiliki hingga delapan siswa, dan Anda akan belajar dan bekerja
dengan mereka selama sekitar satu bulan. Anda juga mungkin memiliki lebih dari
satu guru yang berkualitas selama kursus. Salah satu hal paling penting yang
akan ditekankan adalah persiapan pelajaran. Jika Anda tidak benar dipersiapkan
untuk pelajaran, maka siswa tidak dapat belajar secepat sebagaimana mestinya.
Menjadi siap juga membuatnya tampak seolah-olah Anda tidak tahu apa yang Anda
lakukan, yang dapat mempengaruhi kesempatan Anda untuk mendapatkan pekerjaan
mengajar di masa depan.
Yang paling penting untuk diingat dengan Birmingham kursus TEFL adalah untuk
menikmati diri sendiri. Kau akan memulai perjalanan baru saat bertemu
orang-orang dan melihat tempat-tempat baru di sepanjang jalan. Kursus TEFL
banyak kerja keras, tetapi mereka pasti dapat sia-sia pada akhirnya.
Sumber :
- http://painanmasterenglishschool.wordpress.com/2010/12/10/forum-tanya-jawab-tefl/
- http://muawanah66.files.wordpress.com/2010/11/makalah-tefl1.doc
- http://mawarbni.wordpress.com/2013/05/18/apa-yang-dimaksud-dengan-kursus-tefl/
Nama Anggota Kelompok :
- ARIEF RACHMAN DANI (11210054)
- JESSA SATYA ANBIYA (13210750)
- NUR FAKIH IBROHIM (15210125)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar