Kamis, 29 Mei 2014

TUGAS SOFT SKILL BAHASA INGGRIS BISNIS 2 : TOEFL



NAMA   : NUR FAKIH IBROHIM

NPM      : 15210125

KELAS  : 4EA16



TOEFL
Test of English as a Foreign Language disingkat TOEFL adalah ujian kemampuan berbahasa Inggris (logat Amerika) yang diperlukan untuk mendaftar masuk ke kolese (college) atau universitas di Amerika Serikat atau negara-negara lain di dunia. Ujian ini sangat diperlukan bagi pendaftar atau pembicara yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris. Ujian TOEFL ini diselenggarakan oleh kantor ETS (Educational Testing Service) di Amerika Serikat untuk semua peserta tes di seluruh dunia.
Jenis tes bahasa Inggris TOEFL ini pada umumnya diperlukan untuk persyaratan masuk kuliah pada hampir semua universitas di Amerika Serikat dan Kanada baik untuk program undergraduate (S-1) maupun graduate (S-2 atau S-3). Hasil tes TOEFL ini juga dipakai sebagai bahan pertimbangan mengenai kemampuan bahasa Inggris dari calon mahasiswa yang mendaftar ke universitas di negara lain, termasuk universitas di Eropa dan Australia. Secara umum, tes TOEFL lebih berorientasi kepada American English, dan sedikit berbeda dengan jenis tes IELTS yang berorientasi kepada British English. Tidak seperti tes IELTS, tes TOEFL ini pada umumnya tidak mempunyai bagian individual interview test. Selain itu TOEFL pada dewasa ini sudah mulai digunakan dalam dunia kerja sebagai salah satu mekanisme rekruitment atau jenjang kenaikan pangkat.

Biasanya tes ini memakan waktu sekitar tiga jam dan diselenggarakan dalam 4 bagian, yaitu bagian:
  • listening comprehension,
  • grammar structure and written expression,
  • reading comprehension, dan bagian
  • writing.
Jenis TOEFL dan Skornya
Tes bahasa inggris TOEFL terdiri dari dua jenis yaitu Computer-based Testing dan Paper-Based Testing. Model Computer-based Testing adalah tes yang menggunakan media komputer. Skor penilaian model ini berada pada kisaran 216-677. Sedangkan Paper Based Testing adalah tes yang menggunakan kertas sebagai media pengujiannya. Skor penilaian dengan model ini berada pada kisaran 450-550 ke atas. Nilai hasil ujian TOEFL berkisar antara: 310 (nilai minimum) sampai 677 (nilai maximum) untuk versi PBT (paper-based test).
Sejak tahun 1998, tes TOEFL ini diadakan secara online dengan menggunakan komputer (Computer-based Testing/CBT), dan sejak tahun 2005 disebut iBT (Internet-based Test). Di tempat-tempat yang belum bisa melaksanakan CBT atau iBT (karena belum ada fasilitas komputer dan jaringan internetnya), ujian TOEFL ini masih tetap diadakan secara manual menggunakan kertas dan potlot (paper-based test atau PBT). Informasi lebih lengkap tentang tes CBT dan paper-based TOEFL berkaitan dengan pendaftaran, lokasi penyelenggaraan, biaya, dan bahan-bahan persiapan tes dapat dilihat di situs resmi TOEFL, http://www.toefl.org (hasil ujian TOEFL versi CBT mempunyai nilai berkisar antara 0 sampai 300, sementara nilai untuk iBT adalah dari 0 sampai 120).
Akhir-akhir ini penyelenggara tes TOEFL juga mengadakan jenis tes TWE (Test of Written English) yang hasil nilainya terpisah dari nilai tes TOEFL. Tes ini memakan waktu selama 30 menit, dan peserta akan diminta untuk menuliskan karangan singkat yang menggambarkan mengenai kemampuan peserta untuk mengekspresikan dan menuangkan suatu gagasan atau ide, serta mendukung gagasan itu dengan contoh-contoh yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan bahasa Inggris yang standar. Bila TWE (Test of Written English) termasuk bagian yang diujikan, biasanya tes ini dilaksanakan sebelum ujian Listening Comprehension.
Jenis tes TOEFL yang lain adalah TSEP (Test of Spoken English Program) yang mirip dengan bagian individual interview pada tes IELTS. Tes ini biasanya dipakai kalau kita ingin mendaftar sebagai asisten dosen atau asisten laboratorium (sebagai salah satu cara untuk meringankan biaya kuliah) di universias di AS (atau negara lain). Bentuk tesnya diadakan secara lisan dan berlangsung selama kurang lebih 20 menit. Waktu penyelenggaraan dan batas akhir pendaftarannya sama dengan tes TOEFL yang lain, dan biayanya kira-kira sebesar US$100.

BELAJAR TOEFL
 Program ini dirancang untuk memberikan instruksi dalam empat bidang bahasa Inggris termasuk:

Pembacaan
Bagian bacaan terdiri dari 3-5 bagian, masing-masing sekitar 700 kata panjang dan pertanyaan tentang bagian-bagian. Ayat-ayat pada topik akademis, mereka adalah jenis bahan yang mungkin ditemukan dalam buku teks universitas sarjana. Passages membutuhkan pemahaman fungsi retoris seperti sebab-akibat, membandingkan-kontras dan argumentasi. Siswa menjawab pertanyaan tentang ide utama, detail, kesimpulan, informasi penting, kalimat penyisipan, kosakata, tujuan retoris dan ide-ide secara keseluruhan. Baru jenis pertanyaan dalam tes TOEFL iBT memerlukan mengisi tabel atau menyelesaikan ringkasan. Pengetahuan tentang topik diskusi tidak perlu untuk datang dengan jawaban yang benar.

Pendengaran 
Bagian Mendengarkan terdiri dari enam bagian 3-5 menit panjang dan pertanyaan tentang bagian-bagian. Bagian-bagian ini meliputi dua percakapan siswa dan empat akademis kuliah atau diskusi. Sebuah percakapan melibatkan dua speaker, mahasiswa dan baik profesor atau penyedia layanan kampus. Kuliah adalah bagian mandiri kuliah akademis, yang mungkin melibatkan partisipasi siswa dan tidak menganggap latar belakang pengetahuan khusus dalam wilayah subjek. Setiap percakapan dan stimulus kuliah terdengar hanya sekali. Test-taker mungkin membuat catatan saat mereka mendengarkan dan mereka dapat merujuk kepada catatan mereka ketika mereka menjawab pertanyaan. Setiap percakapan dikaitkan dengan lima pertanyaan dan setiap kuliah dengan enam. Pertanyaan ini dimaksudkan untuk mengukur kemampuan untuk memahami ide utama, detail penting, implikasi, hubungan antara ide-ide, organisasi informasi, tujuan speaker dan speaker sikap.

Berbicara
Bagian Berbicara terdiri dari enam tugas: dua tugas independen dan empat tugas terintegrasi. Dalam dua tugas independen, uji-taker menjawab pertanyaan pendapat tentang topik akrab. Mereka dievaluasi pada kemampuan mereka untuk berbicara secara spontan dan menyampaikan ide-ide mereka dengan jelas dan koheren. Dalam dua tugas terpadu, uji-taker membaca bagian pendek, mendengarkan kuliah kursus akademis atau percakapan tentang kehidupan kampus dan menjawab pertanyaan dengan menggabungkan informasi yang tepat dari teks dan pembicaraan. Dalam dua tugas terpadu yang tersisa, uji-taker mendengarkan kuliah kursus akademis atau percakapan tentang kehidupan kampus dan kemudian menanggapi pertanyaan tentang apa yang mereka dengar. Dalam tugas terpadu, uji-taker dievaluasi pada kemampuan mereka untuk mensintesis tepat dan efektif menyampaikan informasi dari membaca dan mendengarkan materi. Test-taker mungkin membuat catatan saat mereka membaca dan mendengarkan dan dapat menggunakan catatan mereka untuk membantu mempersiapkan tanggapan mereka. Test-taker diberi waktu persiapan singkat sebelum mereka harus mulai berbicara.

Penulisan 
Bagian Menulis mengukur kemampuan pengambil tes untuk menulis dalam suasana akademik dan terdiri dari dua tugas: satu tugas terintegrasi dan satu tugas independen. Dalam tugas terpadu, uji-taker membaca bagian pada topik akademis dan kemudian mendengarkan seorang pembicara membahas topik yang sama. Uji-taker kemudian akan menulis ringkasan tentang poin penting dalam bagian mendengarkan dan menjelaskan bagaimana berhubungan dengan poin-poin penting dari bagian membaca. Dalam tugas independen, uji-taker harus menulis esai yang menyatakan, menjelaskan, dan mendukung pendapat mereka tentang suatu masalah, mendukung pendapat atau pilihan mereka, bukan sekadar daftar preferensi pribadi atau pilihan.

TIPS N TRIK MERAIH TOEFL 550
READING COMPREHENSION
            Section 3 dalam ujian TOEFL adalah Reading comprehension. Ini digunakan untuk mengukur kemempuan peserta ujian dalam memahami teks tertulis dalam bahasa inggris. Bagian ini mengujikan setidaknya 5 bacaan, dimana masing-masing bacaan biasanya terdiri dari sepuluh pertanyaan. Sehingga pertanyaan pada bagian ini berjumlah limapuluh pertanyaan. Anda harus menyelesaikan semua pertanyaan dalam waktu limapuluh menit. Bagian ini hanya mengujikan teks bacaan saja, tanpa gambar, diagram, atau alat Bantu visual lainnya.
            Tema bacaan yang diujikan dalam bagian ini cukup bervariasi, namun secara umum berkaitan dengan materi perkuliahan yang diajarkan oleh universitas-universitas di Amerika Serikat. Misalnya, sejarah, sastra, seni, arsitektur, geologi, biologi, kesehatan, astronomi, geografi, dan seterusnya. Adapun pertanyaan pada section 3 bisa dikategorikan ke dalam dua bentuk pertanyaan sebagai berikut:

1. Reading comprehension
Pada section 3 ini anda akan diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan informasi yang terdapat pada teks bacaan. Mulai dari main idea, bagian bacaan yang lebih rinci, sampai inferasi atau penyimpulan atas informasi yang terdapat pada bacaan.
2. Vocabulary
Section 3 juga meminta anda untuk menjawab arti dari kata-kata tertentu yang terdapat pada teks bacaan. Namun apabila anda sama sekali tidak tahu arti kata-kata tertentu, anda masih tetap bias mengetahui arti kata-kata tersebut dengan memahami konteks bacaan. Dengan demikian anda bias memperkirakan arti dari kata-kata yang ditanyakan dalam soal. Permasalahan yang biasa dihadapi oleh peserta tes TOEFL dalam ujian Reading Comprehension adalah batasan waktu yang singkat. Banyak peserta tes yang tidak bias menyelesaikan semua pertanyaan ketika waktu yang disediakan telah habis. Untuk itu berbagai kemampuan yang dibutuhkan dalam reading harus anda kuasai sebelum benar-benar menjalankan ujian TOEFL. Sekalipun demikian, Anda masih berpeluang untuk mendapatkan skor TOEFL yang lebih tinggi apabila menguasai trik-trik taktis. Berikut disajikan beberapa kunci yang bisa membantu anda berkompetisi dengan waktu yang ketat sekaligus untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Kunci umum

Kunci 1: Jangan terlalu lama membaca teks bacaan.
Harus diingat bahwa anda tidak memiliki cukup waktu untuk membaca teks bacaan secara mendalam. Pertanyaan yang muncul dalam tes reading ini umumnya dpat dijawab secara tepat dengan tanpa langsung membaca bacaan secara rinci. Anda dapat mengalokasikan satu atau dua menit untuk membaca main idea pada masing-masing paragraph dari sebuah bacaan sebelum mulai membaca pertanyaan. Dengan demikian anda sudah mendapatkan gambaran sekilas tentang informasi yang disampaikan oleh bacaan.

Kunci 2 : Perhatikan semua pertanyaan yang terdapat pada sebuah bacaaan dan ingat-ingat kata kuncinya.
Setelah membaca sekilas main idea masing-masing paragraph, selanjutnya anda harus segera membaca pertanyaan pada soal-soal yang terdapat pada bacaan tersebut. Rekamlah kata-kata kunci pada masing-masing pertanyaan pada pikiran anda sehingga anda dapat mencari jawabannya pada bacaan dengan sekali tempo untuk beberapa pertanyaan. Anda juga dapat memeberi tanda pada kata kunci di lembar soal, karena anda tidak dilarang memberikan coretan. Cara ini sangat efektif untuk menghemat waktu, sehingga pandangan anda tidak bolak-balik antara teks bacaan dengan pertanyaaan.

Kunci 3 : Jangan panic apabila tema bacaan bukan merupakan disiplin yang anda kuasai.
Ujian TOEFL sudah didisai sedemikian rupa sehingga peserta ujian tidak dipersyaratkan untuk menguasai tema-tema dari disiplin ilmu tertentu. Semua informasi yang ditanyakan dalam soal section 3 sudah tersedia dalam teks bacaan. Sehingga apapun latar belakang keilmuan yang anda kuasai anda akan tetap dapat menjawab soal-soal pada bacaan yang sama sekali berbeda dari disiplin anda.

Kunci Khusus
Materi yang diujikan dalam tes reading biasanya memiliki pola-pola dan standar tertentu. Biasanya anda diminta untuk mengetahui tema bacaaan, menentukan main idea, mengetahui arti dari kosakata tertentu, mengetahui informasi tertentu, melakukan penyimpulan, melakukan identifikasi ats pengecualian-pengecualian dan mengetahui rujukan dari pronoun tertentu. Untuk membekali diri anda dalam mengahadapi are apersoalan yang diujikan dalam reading tes, perhatikan kunci-kunci berikut ini :

Kunci 4 : Lakukan previewing untuk mengetahui topic bacaan.
Topik merupakan salah satu item yang hampir dapat dipastikan keluar pada setiap tes TOEFL. Untuk mengetahui topic sebuah bacaan, anda tidak perlu membaca secara detail dan mendalam. Anda cukup membaca kalimat pertama dan terakhir pada tiap-tiap paragraph bacaan. Anda tidak dituntut untuk memahami bacaan secara rinci melainkan hanya untuk menentukan topic, oleh karena nya anda harus membaca secepat mungkin.

Kunci 5 : Perhatikan kalimat pertama dari sebuah paragraph untuk mengetahui main idea.
Tes reading sering kali mengujikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan main idea. Main idea biasanya terdapat pada kalimat pertama dari sebuah paragraph. Dengan mengetahuinya, anda dapat memahami pesan apa yang ingin disampaikan oleh penulis. Main Idea dari sebuah bacaan biasanya terdapat pada dua kalimat pertama.

Kunci 6 : Pahamilah konteks yang terdapat pada bacaan untuk mengetahui arti kata tertentu. 
Konteks dalam bacaan bahasa Inggris adalah kombinasi dari kosakata dan grammar yang digunakan pada sebuah kata. Ia dapat berupa sebuah kalimat, paragraph, atau bacaan. Dengan memahami sebuah konteks anda akan dapat memperkirakan arti sebuah kata. Karena dengan mengetahui arti secara umum dari sebuah kalimat berarti anda juga memahami arti kata-kata yang terdapt pada kalimat tersebut.

Kunci 7 : Lakukan scanning untuk menemukan informasi tertentu yang berkaitan dengan permintaan soal.
Sebuah teks bacaan dalam ujian TOEFL biasanya diikuti dengan sepuluh pertanyaan, karena batasan waktu yang sangat mendesak sebaiknya anada membaca kesepuluh pertanyaan tersebut. Ketika membaca semua pertanyaan anda harus menemukan kata kunci dari sebuah pertanyaan dan merekamnya dalam pikiran. Bacalah secara cepat dengan cara scanning untuk menemukan kata-kata tertentu yang menjadi kata kunci dari sebuah pertanyaan. Hal ini sngat berguna dalam melakukan klarifikasi pada teks bacaan untuk menemukan informasi yang ditanyakan. Dengan mengingat semua kata kunci pertanyaan, pandangan, dan focus anda tidak perlu terpecah untuk mencocokkan pertanyaan dengan teks. Karena biasanya urutan nomor soal tidak menanyakan kalimat atau bagian dari teks secara berurutan. Sehingga bila anda hnaya membaca satu pertanyaan kemudian mencarinya di teks bacaan akan menghabiskan banyak waktu karena anda perlu melakukan hal yang sama berkali-kali.

Kunci 8 : Kumpulkan fakta dan data dalam bacaan untuk melakukan inferasi atau  penyimpulan
Tidak semua jawaban dari sebuah pertanyaan dalam tes TOEFL dapat ditemukan secara langsung dalam teks bacaan. Hal ini karena informasi yang dimaksud tidak secara eksklusif disebutkan dalam sebuah pernyataan langsung. Sering kali dlam ujian reading anda diminta untuk membuat kesimpulan mengenai informasi tertentu. Untuk itu ketika membaca teks sebaiknya anda memberikan perhatian khusus terhada data atau fakta tertentu yang mengarah pada sebuah kesimpulan yang informative. Lagi-lagi dalam hal ini mengetahui kata kunci dari sebuah pertanyaan terlebih dahulu merupakan sebuah keuntungan tersendiri. Dengan berbekal kata kunci anda akan menentukan data dan fakta apa yang patut and apilih dan kumpulkan untuk membuat sebuah kesimpulan.

Kunci 9 : Berkonsentrasi selama membaca teks bacaan.
Konsentrasi sangat diperlukan dan merupakan salah satu kunci keberhasilan yang paling menentukan dalam readng test. Sering kali peserta ujian lupa dengan apa yang telah disampaikan oleh kalimat atau paragraph sebelumnya ketika ia mula membaca kalimat atau paragraph baru. Akhirnya ia membaca ulang lagi kalimat tersebut. Apabila ini juga terjadi pada anda, langlah berikut dapat dimanfaatkan untuk meminimalisasi kek\salahan tersebut.
• Ketika anada membaca sebuah kalimat, latihlah didri anda untuk menerka atau memperkirakan apa isi atau informasi yang akan disampaikan oleh kalimat selanjutnya.
• Perhatikan kesesuaian sebuah teks dengan judul atau main idea yang sudah anda ketahui sebelumnya, dengan cara ini anda tetap dapat menangkap pesan untama yang diasampaikan oleh masing-masing kalimat sekalipun anda sudah beranjak pada kalimat-kalimat berikutnya.

Kunci 10 : Tingkatkan kecepatan membaca anda.
Dengan keterbatasan waktu ujian yang singkat, maka kemampuan anda untuk membaca secara cepat dan singkat sangat penting dalam ujian TOEFL. Memang kecepatan membaca ini tidaklah sesuatu yang instant. Melainkan ia harus dilatih secara terus menerus apalagi membaca teks yang bukan bahasa asli kita. Salah satu caranya adalah dengan memilih kata-kata yang paling penting dalam sebuah kalimat, yang mana hal ini akan memberikan anda ringkasan atas arti sebuah bacaan.



Sumber :


Nama Anggota Kelompok :
  1. ARIEF RACHMAN DANI  (11210054)
  2. JESSA SATYA ANBIYA (13210750)
  3. NUR FAKIH IBROHIM (15210125)
    

    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar