Rabu, 17 April 2013

tugas softskill 2 (bahasa indonesia 2) proposal ilmiah




nama : Nur Fakih Ibrohim
kelas  : 3EA16
npm   : 15210125


BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Setiap perusahaan, baik yang bergerak di bidang produk ataupun jasa, mempunyai tujuan untuk tetap hidup dan berkembang, tujuan tersebut dapat dicapai melalui upaya untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan tingkat keuntungan atau laba operasional perusahaan. Hal ini dapat dilakukan, jika perusahaan dapat mempertahankan dan meningkatkan penjualan produk atau jasa yang mereka produksi. Dengan melakukan penerapan strategi pemasaran yang akurat melalui pemanfaatan peluang dalam meningkatkan penjualan, sehingga posisi atau kedudukan perusahaan di pasar dapat ditingkatkan atau dipertahankan. Sehubungan dengan hal tersebut pelaksanaan pemasaran modern dewasa ini mempunyai peranan yang sangat besar sebagai penunjang langsung terhadap peningkatan laba perusahaan.
Strategi pemasaran adalah suatu wujud rencana yang terurai dibidang pemasaran. Untuk memperoleh hasil yang optimal, strategi pemasaran ini mempunyai ruang lingkup yang luas di bidang pemasaran diantaranya adalah strategi dalam menghadapi persaingan, strategi harga, strategi produk, strategi pelayanan dan sebagainya.
Perusahaan perlu mengenali kekuatan dan kelemahan perusahaan dalam persaingan hal ini akan sangat membantu dalam mengenali diri, serta memanfaatkan setiap peluang yang ada dan menghindari atau meminimalkan .
Dimana strategi pemasaran merupakan upaya mencari posisi pemasaran yang menguntungkan dalam suatu industri atau arena fundamental persaingan berlangsung. Pemasaran di suatu perusahaan, selain bertindak dinamis juga harus selalu menerapkan prinsip-prinsip yang unggul dan perusahaan harus meninggalkan kebiasaan-kebiasaan lama yang sudah tidak berlaku serta terus menerus melakukan inovasi. Karena sekarang bukanlah jaman dimana produsen memaksakan kehendak terhadap konsumen, melainkan sebaliknya konsumen memaksakan kehendaknya terhadap produsen.
PT. Koko Jaya Prima merupakan sebuah Dealer Resmi Sepeda Motor Honda selain menjadi dealer resmi honda, PT.Koko Jaya Prima memberikan pelayanan lain seperti showroom, bengkel, servis, dan menyediakan suku cadang bagi sepeda motor Honda terdapat pula perubahan lingkungan dan minat konsumen yang membuat PT.Koko Jaya Prima sadar akan kebutuhan serta keinginan konsumen.
Dengan latar belakang di atas, menjadi dasar pertimbangan penulis untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pemasaran yang dilakukan PT. Koko Jaya Prima dalam meningkatkan volume penjualannnya dengan demikian penulis memilih judul skripsi sebagai berikut:
“Analisis Strategi Pemasaran Pada PT. Koko Jaya Prima”.

1.2 Rumusan dan Batasan Masalah

1.2.1 Rumusan masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan, maka dapat disajikan rumusan masalah sebagai berikut :
1.      Strategi pemasaran apa yang diterapkan pada PT. Koko Jaya Prima ?
2.      Strategi apakah yang paling tepat guna meningkatkan volume penjualan pada PT. Koko Jaya Prima ?

1.2.2 Batasan Masalah

Untuk lebih memfokuskan pembahasan dan kejelasan data yang akan dibahas dan dikumpulkan, penulis membatasi penelitian ini pada lingkungan internal (kekuatan dan kelemahan), dan lingkungan eksternal (peluang dan ancaman yang dihadapi) penelitian dilakukan pada bulan maret – mei dengan alat analisis yang di gunakan adalah SWOT dan MARKETING MIX dengan penelitian yang dilakukan di PT. Koko Jaya Prima ?

1.3 Tujuan Penelitian

Adapun tujuan penulisan ini yaitu:
1.      Untuk mengetahui strategi pemasaran apa yang di gunakan PT. Koko Jaya Prima .
2.      Untuk mengetahui dan menganalisis strategi yang paling tepat dalam meningkatkan volume penjualan pada PT. Koko Jaya Prima.

1.4 Manfaat penelitian

1. Sebagai salah satu persyaratan bagi penulis dalam menyelesaikan studi untuk memperoleh gelar Sarjana Ekonomi Jurusan Manajemen  
2. Sebagai bahan pertimbangan bagi perusahaan dalam mengambil keputusan khususnya mengenai kebijaksanaan strategi pemasaran di masa yang akan datang.

1.5  Metode Penelitian


1.5.1        Objek Penelitian
Dalam penulisan ilmiah ini , penulis melakukan penelitian di PT. Koko Jaya Prima

1.5.2        Data Penelitian / Variabel

Data yang digunakan penulis di dalam penulisan ilmiah ini yaitu berupa data primer dan sekunder . yang dimaksud data primer yaitu data yang diperoleh dari observasi atau pengamatan secara langsung , sedangkan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari buku-buku untuk dijadikan sebagai referensi dalam penulisan ilmiah ini.

1.5.3        Metode Pengumpulan Data

Dalam rangka pengumpulan data dan informasi yang berkaitan dengan penelitian , maka penulis melakukan beberapa penelitian yaitu :
a.       Kepustakaan (library research)
Dengan metode ini penulis menggunakan data dan memanfaatkan buku-buku bacaan sebagai literatur untuk menambah wawasan dalam penulisan.
b.      Study lapangan (field research)
Didalam memperoleh data primer yang diperlukan untuk menyusun penulisan ilmiah ini , penulis melakukan penelitian langsung lapangan dengan dua metode yaitu :
ü  Observasi : teknik pengumpulan data dengan melakukan pengamatan visual secara langsung atas dokumen dan laporan yang telah dibuat oleh instansi yang diteliti sebagai sumber informasi   dari masalah yang diteliti.
ü  Wawancara : untuk memperoleh informasi dengan wawancara atau tanya jawab secara langsung dengan pihak pihak yang bersangkutan untuk memperoleh data yang lebih akurat.

1.5.4        Alat Analisis Yang Digunakan

untuk mengolah data data yang diperoleh penulis , maka penulis menggunakan alat analisis yang berupa :
1.      Analisis SWOT
Merupakan suatu alat analisi yang digunakan untuk melihat kondisi lingkungan internal dan eksternal suatu usaha. Dari faktor internal perusahaan dapat diketahui faktor-faktor yang menjadi kekuatan dan kelemahan perusahaan , sedangkan faktor eksternal kita dapat mengetahui faktor-faktor yang menjadi peluang dan ancaman perusahaan  .
2.      Analisis Marketing Mix
Merupakan strategi yang dijalankan suatu usaha , yang berkaitan dengan penentuan bagaimana perusahaan menyajikan penawaran produknya pada satu segmen pasar tertentu, yang merupakan sasaran pasar pada perusahaan tersebut.
Marketing Mix memiliki variabel 4P yaitu : product,  price,  place dan promotion. 

1.6  Sistematika Penulisan


Bab I Pendahuluan meliputi          : Latar belakang, Rumusan Masalah, Tujuan dan manfaat       penelitian  Serta  sistematika penulisa.
Bab II Tinjauan Pustaka meliputi     : Landasan teori yang berisikan pengertian pemasaran, strategi pemasaran, analisis SWOT, Kerangka pikir, dan Hipotesis.
Bab III meliputi                         : daerah dan waktu penelitian, jenis dan  sumber data, metode pengumpulan data,teknik pengumpulan data, model analisis, definisi variabel.
Bab IV meliputi                                  : gambaran umum perusahaan yang diteliti  menyangkut sejarah singkat perusahaan, struktur organisasi dan kegiatan-kegiatan usaha perusahaan.
Bab V meliputi                                       : pembahasan hasil penelitian.
BabVI meliputi                          : kesimpulan dan saran-saran yang dianggap perlu dari hasil penelitian ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar