nama : Nur Fakih Ibrohim
kelas : 3EA16
npm : 15210125
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Setiap
perusahaan, baik yang bergerak di bidang produk ataupun jasa, mempunyai tujuan
untuk tetap hidup dan berkembang, tujuan tersebut dapat dicapai melalui upaya
untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan tingkat keuntungan atau laba
operasional perusahaan. Hal ini dapat dilakukan, jika perusahaan dapat
mempertahankan dan meningkatkan penjualan produk atau jasa yang mereka
produksi. Dengan melakukan penerapan strategi pemasaran yang akurat melalui
pemanfaatan peluang dalam meningkatkan penjualan, sehingga posisi atau
kedudukan perusahaan di pasar dapat ditingkatkan atau dipertahankan. Sehubungan
dengan hal tersebut pelaksanaan pemasaran modern dewasa ini mempunyai peranan
yang sangat besar sebagai penunjang langsung terhadap peningkatan laba
perusahaan.
Strategi
pemasaran adalah suatu wujud rencana yang terurai dibidang pemasaran. Untuk
memperoleh hasil yang optimal, strategi pemasaran ini mempunyai ruang lingkup
yang luas di bidang pemasaran diantaranya adalah strategi dalam menghadapi
persaingan, strategi harga, strategi produk, strategi pelayanan dan sebagainya.
Perusahaan
perlu mengenali kekuatan dan kelemahan perusahaan dalam persaingan hal ini akan
sangat membantu dalam mengenali diri, serta memanfaatkan setiap peluang yang
ada dan menghindari atau meminimalkan .
Dimana
strategi pemasaran merupakan upaya mencari posisi pemasaran yang menguntungkan
dalam suatu industri atau arena fundamental persaingan berlangsung. Pemasaran
di suatu perusahaan, selain bertindak dinamis juga harus selalu menerapkan
prinsip-prinsip yang unggul dan perusahaan harus meninggalkan
kebiasaan-kebiasaan lama yang sudah tidak berlaku serta terus menerus melakukan
inovasi. Karena sekarang bukanlah jaman dimana produsen memaksakan kehendak
terhadap konsumen, melainkan sebaliknya konsumen memaksakan kehendaknya
terhadap produsen.
PT.
Koko Jaya Prima merupakan sebuah Dealer Resmi Sepeda Motor Honda selain menjadi
dealer resmi honda, PT.Koko Jaya Prima memberikan pelayanan lain seperti
showroom, bengkel, servis, dan menyediakan suku cadang bagi sepeda motor Honda
terdapat pula perubahan lingkungan dan minat konsumen yang membuat PT.Koko Jaya
Prima sadar akan kebutuhan serta keinginan konsumen.
Dengan
latar belakang di atas, menjadi dasar pertimbangan penulis untuk mengetahui
bagaimana penerapan strategi pemasaran yang dilakukan PT. Koko Jaya Prima dalam
meningkatkan volume penjualannnya dengan demikian penulis memilih judul skripsi
sebagai berikut:
“Analisis Strategi Pemasaran Pada
PT. Koko Jaya Prima”.
1.2 Rumusan dan Batasan Masalah
1.2.1 Rumusan masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah yang telah dikemukakan, maka dapat disajikan rumusan
masalah sebagai berikut :
1. Strategi
pemasaran apa yang diterapkan pada PT. Koko Jaya Prima ?
2. Strategi
apakah yang paling tepat guna meningkatkan volume penjualan pada PT. Koko Jaya
Prima ?
1.2.2 Batasan Masalah
Untuk
lebih memfokuskan pembahasan dan kejelasan data yang akan dibahas dan
dikumpulkan, penulis membatasi penelitian ini pada lingkungan internal
(kekuatan dan kelemahan), dan lingkungan eksternal (peluang dan ancaman yang
dihadapi) penelitian dilakukan pada bulan maret – mei dengan alat analisis yang
di gunakan adalah SWOT dan MARKETING MIX dengan penelitian yang dilakukan di
PT. Koko Jaya Prima ?
1.3 Tujuan Penelitian
Adapun
tujuan penulisan ini yaitu:
1. Untuk
mengetahui strategi pemasaran apa yang di gunakan PT. Koko Jaya Prima .
2. Untuk
mengetahui dan menganalisis strategi yang paling tepat dalam meningkatkan
volume penjualan pada PT. Koko Jaya Prima.
1.4 Manfaat penelitian
1.
Sebagai salah satu persyaratan bagi penulis dalam menyelesaikan studi untuk
memperoleh gelar Sarjana Ekonomi Jurusan Manajemen
2.
Sebagai bahan pertimbangan bagi perusahaan dalam mengambil keputusan khususnya
mengenai kebijaksanaan strategi pemasaran di masa yang akan datang.
1.5 Metode Penelitian
1.5.1
Objek
Penelitian
Dalam
penulisan ilmiah ini , penulis melakukan penelitian di PT. Koko Jaya Prima
1.5.2 Data Penelitian / Variabel
Data
yang digunakan penulis di dalam penulisan ilmiah ini yaitu berupa data primer
dan sekunder . yang dimaksud data primer yaitu data yang diperoleh dari
observasi atau pengamatan secara langsung , sedangkan data sekunder yaitu data
yang diperoleh dari buku-buku untuk dijadikan sebagai referensi dalam penulisan
ilmiah ini.
1.5.3 Metode Pengumpulan Data
Dalam
rangka pengumpulan data dan informasi yang berkaitan dengan penelitian , maka
penulis melakukan beberapa penelitian yaitu :
a. Kepustakaan
(library research)
Dengan metode ini
penulis menggunakan data dan memanfaatkan buku-buku bacaan sebagai literatur
untuk menambah wawasan dalam penulisan.
b. Study
lapangan (field research)
Didalam memperoleh data
primer yang diperlukan untuk menyusun penulisan ilmiah ini , penulis melakukan
penelitian langsung lapangan dengan dua metode yaitu :
ü Observasi
: teknik pengumpulan data dengan melakukan pengamatan visual secara langsung
atas dokumen dan laporan yang telah dibuat oleh instansi yang diteliti sebagai
sumber informasi dari masalah yang
diteliti.
ü Wawancara
: untuk memperoleh informasi dengan wawancara atau tanya jawab secara langsung
dengan pihak pihak yang bersangkutan untuk memperoleh data yang lebih akurat.
1.5.4 Alat Analisis Yang Digunakan
untuk
mengolah data data yang diperoleh penulis , maka penulis menggunakan alat
analisis yang berupa :
1. Analisis
SWOT
Merupakan
suatu alat analisi yang digunakan untuk melihat kondisi lingkungan internal dan
eksternal suatu usaha. Dari faktor internal perusahaan dapat diketahui
faktor-faktor yang menjadi kekuatan dan kelemahan perusahaan , sedangkan faktor
eksternal kita dapat mengetahui faktor-faktor yang menjadi peluang dan ancaman
perusahaan .
2. Analisis
Marketing Mix
Merupakan
strategi yang dijalankan suatu usaha , yang berkaitan dengan penentuan
bagaimana perusahaan menyajikan penawaran produknya pada satu segmen pasar
tertentu, yang merupakan sasaran pasar pada perusahaan tersebut.
Marketing
Mix memiliki variabel 4P yaitu : product,
price, place dan promotion.
1.6 Sistematika Penulisan
Bab I Pendahuluan meliputi :
Latar belakang, Rumusan Masalah, Tujuan dan manfaat penelitian Serta sistematika
penulisa.
Bab II Tinjauan Pustaka meliputi :
Landasan teori yang berisikan pengertian pemasaran, strategi pemasaran,
analisis SWOT, Kerangka pikir, dan Hipotesis.
Bab III meliputi :
daerah dan waktu penelitian, jenis dan sumber
data, metode pengumpulan data,teknik pengumpulan data, model analisis, definisi
variabel.
Bab IV meliputi : gambaran umum perusahaan yang
diteliti menyangkut sejarah singkat
perusahaan, struktur organisasi dan kegiatan-kegiatan usaha perusahaan.
Bab V meliputi : pembahasan hasil penelitian.
BabVI meliputi : kesimpulan dan
saran-saran yang dianggap perlu dari hasil penelitian ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar