Sabtu, 04 Desember 2010

ONE PIECE ( Portgas D. Ace )


Portgas D. Ace (Gol D. Ace)  merupakan kakak adopsi Monkey D. Luffy dan anak Pirate King, Gol D. Roger dan ibunya, Portgas D. Rouge. Dia diadopsi oleh Monkey D. Garp dikarenakan keinginan Gol D. Roger sebelum kelahirannya. Ace juga merupakan Komandan Divisi kedua Whitebeard Pirates dan mantan kapten Spade Pirates. Pada Akhirnya Ace bertemu dengan kematian di tangan Admiral Akainu.

Sekarang dia telah bertarung dengan orang yang diburunya selama ini, Kurohige (Marshall D. Teach), akhir dari pertarungan mereka masih belum jelas. Namun sepertinya Ace kalah diakibatkan oleh kekuatan Teach yang begitu kuat.Dan akhirnya ia dikirim ke Penjara bawah laut Impel Down.

Riwayat

Pencarian Pengkhianat

Ace pertama kali muncul di Drum Island, dimana dia memberikan poster Luffy pada warga disitu kemudian lari karena makan tanpa membayar. Dia pergi ke sana karena mengejar Kurohige yang pernah menghancurkan pulau ini 6 bulan yang lalu.
Dia diperkenalkan pada awal cerita Arabasta (cerita 157: Munculnya Ace), saat dikejar oleh Kapten Smoker dan bertemu Luffy yang kebetulan tiba di situ. Ace menyuruh Luffy pergi terlebih dahulu kemudian dia menghancurkan beberapa perahu milik Baroque Works. Ace menyusul Kelompok Bajak Laut Topi Jerami dan berbicara sebentar mengenai tujuannya serta tentang anggota kelompoknya (Shirohige). Pada saat akhir, Ace memberikan secarik kertas yang dia percaya akan mempertemukan keduanya lagi, kemudian dia pergi. Tetapi, adegan ini dipotong di versi anime, karena Ace kemudian masuk ke Kelompok Bajak Laut Topi Jerami karena kabarnya seorang anggota kelompok bajak laut Kurohige yang dia cari berada di Arabasta. (adegan dimana Ace menghancurkan kapal BW di manga setelah ia pergi).
Ace ikut perjalanan menuju Yuba, dimana dia selalu tersesat dan terpisah dari kelompok tetapi dapat bertahan dari monster-monster pasir berkat kekuatannya, kemudian dia bertemu lagi di sebuah desa (dia menunggang semacam kadal). Ace akhirnya bertemu orang yang dicarinya, ia bernama Scorpion yang ternyata adalah pemburu hadiah biasa yang tertarik dengan harga kepala Ace demi kedua anaknya. Scorpion dikalahkan Ace dengan mudah, walaupun dia berusaha memakai berbagai macam senjata. Merasa sudah selesai dengan urusan di pulau itu, Ace pergi dan berpamitan dengan Luffy dan memberikannya secarik kertas.

Pertempuran Penentuan

Ace muncul kembali dan bertemu dengan bajak laut kurohige di Banaro Island, disini kurohige sedang membicarakan harga kepala Monkey D. Luffy yang naik menjadi 300.000.000 Berry setelah peristiwa di Enies Lobby. kurohige berniat mencari bajak laut topi jerami yang sedang berada di water 7 yang tak jauh lokasinya dari mereka untuk diburu. Ace pun bertemu dan berbicara dengan Marshall D. Teach di pulau itu yang sudah menjadi kapten dari bajak laut kurohige. Teach kemudian menjelaskan alasan dirinya membunuh komandan divisi 4 shirohige demi buah iblis yang selama ini diincar olehnya. Teach juga mengajak Ace untuk bergabung dengan kurohige dan ikut mengejar serta membunuh topi jerami. Tetapi komandan divisi 2 shirohige itu menjelaskan ke kurohige bahwa luffy adalah adiknya dan menolak tawarannya untuk bergabung dengan kurohige. Van Auger pertama kali terlihat mencoba menyerang Ace dengan menembaknya namun tidak berhasil karena kekuatan logia milik Ace, begitu juga dengan usaha anggota kurohige lain yang melemparkan rumah ke atas Ace. Namun Ace menghancurkan rumah itu dengan menara jurus api (fire pillar). Para anggota Kurohige pun tidak ada yang dapat mengalahkan Ace, kemudian Teach sendiri turun tangan dan menyuruh anak buahnya mundur.Kemudian Teach mendemonstrasikan kekuatannya, yaitu kekuatan kegelapan yang akan menyerap apapun karena mengandung kekuatan "gravitasi", kekuatannya pun menghisap dan menghancurkan seluruh kota dalam sekejap terkecuali tempat Ace berdiri untuk memperlihatkan kepada Ace. Ace kemudian mulai melawannya dan berhasil membakar tubuhnya dengan Hotarubi Hidarmha(kunang-kunang api dan lautan api), tetapi kemudian Ace disedot kekuatannya oleh gravitasi Teach sehingga dia tidak dapat mengeluarkan kekuatannya. Pada saat akhir, Ace mengeluarkan jurus terbesarnya " Dai Enkai" dan menciptakan gelombang api raksasa yang bernama "Entei" yang artinya kaisar api, kemudian Teach mengeluarkan kegelapan dengan bola besar juga, sambil berkata:
"Cahaya atau Kegelapan.... Hanya ada satu yang akan menang"
Kemudian 2 kekuatan ini berbenturan dan menimbulkan energi yang dahsyat.
Tetapi Ace kalah dari Teach, dan kurohige menyerahkan ace ke tangan pemerintah. Ace pun ditahan di penjara bawah air Impel Down, yaitu tempat ditahannya berbagai buronan - buronan yang paling berbahaya di dunia

Peristiwa besar yang dialami Ace

Di chapter 500, terjadi peristiwa yang menggemparkan dunia bajak laut dalam one piece. Diberitakan bahwa kabarnya pimpinan divisi 2 bajak laut shirohige, Portgas D. ace akan dieksekusi di depan publik oleh World Government(pemerintah dunia).Bila Ace dieksekusi, tentu sang kapten shirohige A.K.A Edward Newgate tidak akan berdiam diri. World Goverment sedang menawarkan peperangan dengan bajak laut Shirohige. Dan akhirnya, Shirohige meyatakan perang terhadap Pemerintah Dunia.
Peperangan terjadi di Markas Besar Angkatan Laut. Angkatan laut sendiri sudah bersiap2 dengan 3 admiral, Vice Admiral & Sengoku. setelah terjadi pertempuran yang sengit dan panjang akhir nya Ace pun mati dengan satu pukulan dari admiral Akainu demi melindungi luffy, karena seluruh tubuhnya terbakar lava Akainu. Sebelum mati Ace terkenang masa lalunya tentang Sabo dan Luffy. sebelum dia mati dia membuat wasiat pada Luffy untuk menyampaikan pesan pada Semua yang bertempur.

"Bapak...!! Semuanya...!! Lalu Luffy... Hingga hari ini, aku yang keturunan Setan ini... TERIMA KASIH TELAH MENCINTAIKU..."

Kepribadian dan Relasi

Ace adalah orang yang lebih berkharisma daripada adiknya, dan tidak memiliki sifat "bodoh" seperti para penyandang nama D. yang lain. Ace tidak menggunakan nama marga dari ayahnya Gol D. Roger, Sang Raja Bajak Laut, tapi dia menggunakan marga dari ibunya yaitu Portgas. Karena ia ingin menyembunyikan kenyataan yang sebenarnya bahwa ayahnya bukanlah Monkey D. Dragon melainkan Sang Raja Bajak Laut yaitu Gol D. Roger. Selain itu, Ace memiliki kebiasaan buruk yaitu tertidur di saat yang tidak tepat. Kenyataan itu disampaikansesaat sebelum EKSEKUSI DARI Sengoku dilaksanakan. Namun, Monkey D Garp menganggap Ace layaknya anak sendiri, hal itu dibuktikan saat Akainu membunuh Ace di Marine Ford.
Mimpi Ace adalah menjadikan Edward Newgate (Shirohige) menjadi raja bajak laut, dikemukakan pada kalimat terakhirnya saat melawan Kurohige.

Kekuatan dan Keahlian

Kekuatan puncak Ace adalah kekuatan Buah Iblis nya Mera Mera, kekuatan Logia (Alam) yang membuat dia dapat menguasai api dan mengubah tubuhnya menjadi api.
Tanpa kekuatan buah iblisnya, Ace dasarnya adalah orang yang kuat, juga seperti yang dikemukakan oleh Van Auger.
Jurus-jurus Ace:
  • Kagerou(Heat Haze) : Ace melemparkan semacam arus api dari tangannya untuk menghentikan musuh(pertama kali digunakan kepada smoker pada saat smoker ingin menangkap luffy di albasta)
  • Hiken(Fire Fist) : Ini merupakan Jurus yang paling sering digunakan ace karena itu ace dijuluki sebagai "Si Tinju Api".Seperti julukannya jurus ini digunakan dengan cara ace mengepalkan tanganya dan meninju hingga keluar sederetan api(hampir sama dengan Gomu-Gomu No Pistol luffy hanya saja ini mengeluarkan api)
  • Enkai, Hibashira(Flame Commandment,Fire Pillar) : Ace mengeluarkan api dari seluruh tubuhnya dan membuat pilar api.
  • Hotarubi, Hidaruma(Firefly Fire,Body Covered in Flames) : Ace melemparkan bola-bola api dan mengendalikan bola-bola tersebut untuk menabrak musuh secara bersamaan.
  • Shinka, Shiranui(Sacred Fire,Mysterious Light at Sea) : Ace membentuk tangannya menjadi tombak-tombak api dan melemparkannya ke musuh.
  • Juujika(Cross-fire) : Ace membentuk jarinya menjadi bentuk salib dan menembakan sinar api dari jari tersebut.
  • Daienkai, Entei(Great Flame Commandment: Flame Emperor) : Merupakan jurus ace yang sangat kuat,ace menggunakan seluruh api yang ada dari tubuhnya dan membentuk bola besar seperti bola matahari dan melemparkannya ke musuh.
  • Higan(Fire Pistol) :Jurus ini merupakan salah satu jurus andalan Ace,Ace membakar jarinya dan menembakkan api seperti senapan mesin...waktu Ace melawan Kurohige(marshall.D.Teach)Ace juga mengeluarkan jurus ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar